Resep Kue Kering Choco Chip Khas Lebaran Dan Cara Membuatnya

4:58 PM

Kue Kering Khas Lebaran 

Kue mempunyai dua jenis, kue kering dan kue basah, kue basah biasanya mudah rusak atau expirednya paling lama seminggu,sedangkan kue kering tidak mudah rusak dan lama expirednya, akan tetepi kue kering mudah remuk atau hancur saat kurang bagus pengolahannya, Kue Kering dan Kue basah sama-sama memiliki daya tarik yang tinggi di kalangan masyarakat. 


Kue Kering lebih banyak peminatnya ketika ramadhan dan lebaran tiba, karena kue kering mempunyai ciri khas yang unik. Karena juga tidak mudah expired kue kering biasa menjadi kue hadiah atau kue angpau. Kue kering juga sering di sodorkan untuk tamu ketika lebaran, kerenyahanya membuat para tamu suka untuk mencemilnya, kadang ada yang membawanya pulang untuk dimakan dirumah. Kue kering juga sering menjadi THR di kalangan karyawan-karyawan. 

Oleh karena itu kue kering banyak sekali peminatnya, dan bahkan banyak sekali pembuatnya. Ada juga yang sedang belajar membuatnya. Dan kali ini kita akan memberikan Menu Resep Kue Kering Choco Chip dan cara membuatnya, tips-tips agar kue kering jadi dengan sempurna, dan beberapa kesalahan yang sering terjadi saat pembuatan kue kering. Yuk langsung simak saja bahan-bahan apa saja yang akan di gunakan untuk membuat kue kering choco chip.


Bahan-Bahan: 

  1. 200 gram choco chip
  2. 150 gram mentega
  3. 2 Butir Telur
  4. 1/2 sendok teh cokelat pasta
  5. 1/2 sendok teh vanili
  6. 1/4 sendok teh garam
  7. 150 gram gula palem (Gula kelapa atau gula aren sama saja)
  8. 350 gram tepung terigu

Baca Juga:


Cara Membuat Kue Kering Choco Chip: 

  1. Aduk-aduk mentega, vanilli dan gula palem sehingga tercampur merata (disini kita menggunakan mixer).
  2. Masukkan telur kedalam adukan tadi dan aduk-aduk lagi hingga adonan merata dan halus.
  3. Tambahkan Cokelat Pasta, dan aduk-aduk lagi hingga merata semua, kemudian mixer dimatikan. 
  4. Masukkan Tepung terigu dan sedikit demi sedikit masukkan garamnya sampai tercampur rata semua. 
  5. Tambahkan Choco Chip kedalam adonan tadi dan aduk-aduk lagi sampai merata, dan adonan siap di bentuk atau di cetak sesuai selera. 
  6. Siapkan loyang untuk memangga, Oleskan margarin atau mentega merata di atas loyang.
  7. Ambil sedikit demi sedikit adonan dan bentuk bulat atau sesuai selera kemudian letakkan di atas loyang, dengan bantuan garpu tekan adonan yang sudah di bentuk tadi hingga pipih.
  8. Setelah adonan habis dan sudah terbentuk semua, PANGGANG kue kedalam oven dalam kurun waktu 15 menit dengan suhu 170 derajat celcius hingga matang. 
  9. Keluarkan kue dari oven, kemudian Dinginkan, dan Kue kering sudah siap untuk di makan atau di packing kedalam wadah. 



Tips dan Saran : 
  • Gunakanlah Tepung Terigu yang berkualitas
  • Pastikan takaran margarin atau mentega yang sesuai takaran
  • Setelah keluar dari Oven alaskan lah kue kering dengan tisu agar minyak di dalam kue kering terserap. dan Kue semakin kering.
  • Dan sebelum memasukkan kue kering kedalam wadah pastikan uap panas dalam kue kering hilang, atau diamkan di luar ruangan hingga dingin baru di masukkan kedalam wadah agar tidak mudah basi. 
  • Jangan buat kue kering terlalu melebar agar tidak mudah hancur. 
Kue Kering Choco Chip 


Beginilah cara memasak atau cara membuat kue kering choco chip, sebetulnya mudah tapi saya sarankan agar selalu memperhatikan bahan-bahanya agar kue kering jadi dengan sempurna dan terasa kerenyahanya. Yuk langsung saja kita buat di rumah bersama dengan keluarga atau anak-anak kita, agar keluarga kita suka dengan memasak. 

Selamat Mencoba
Selamat Memasak
Indonesia Memasak
Ayo Masak
Ommasakom






You Might Also Like

0 comments