Resep Cilok Isi Telur dan Cara Membuatnya

9:31 PM


Cilok Isit Telur by Ike Oke (mgl)

Cilok adalah jajanan berasal dari tepung berbentuk bulat, kenyal dan enak, Berisi macam-macam olahan ada Cilok isi Gajih, Cilok isi Telur Puyuh, Cilok Isi Sosis. dan Cilok sekarang kembali menunjukkan taring setelah bertahun-tahun para penjual cilok kaki lima menghilang begitu saja. Seprti Halnya di Magelang, Kota yang berhawa dingin berlingkungan asri ini ternyata sudah di jamuri banyak pedagang Cilok kaki lima sehingga cilok menjadi viral bagi para pecinta cilok di nusantara. Memang yang tidak pernah atau jarang makan cilok ini belum bisa merasakan keenakan sesungguhnya cilok ini. 

Viralnya Cilok di nusantara membuat Bandung sebagai kota cilok atau mungkin bisa di nobatkan sebagai kota penjual cilok terbanyak menjualkan olahan ciloknya keseluruh indonesia. Mulan Jamela adalah artis dan istri dari ahmad dani yang berjualan Cilok di kalangan artis, ciloknya perporsi bisa diberi harga 80.000 rupiah, karena pembuat Ciloknya langsung oleh mulan jameela sendiri. Seperti kebanyakn kaki lima di magelang dan solo kebanyakan pedagang cilok kaki lima ini berasal dari bandung. mudah di bedakan olahan cilok bandung dengan olahan cilok asli magelang dan solo. akan tetapi dari keduanya memiliki ciri khas sendiri-sendiri. Nikmatnya pun mempunyai khas, Saosnya dan sambal pedanya pun berbeda. 


lahh, kai ini ommasakom.blogspot.com akan membahas lagi Jajanan Cilok, karena sebelunya sudah membuat resep Masakan Cilok Isi gajih dan sekarang akan membahas CIlok isi telur ala Bu ike Oke dari Magelang. Yuk langsung saja kita bahas apa saja bahan-bahanya yang akan kita gunakan dan bagaimana bu ike oke ini mengolahnya:

Bahan-bahan:

  1. 1/2 kg Tepung Tapioka
  2. 1/4 kg Tepung Gandum
  3. Telur Puyuh yang sudah di rebus Secukupnya
  4. Air Secukupnya

Bahan Halus:

  1. Merica Sesuai Selera 
  2. Bawang Putih Besar 4 Siung
  3. Garam Secukupnya
  4. Penyedap Rasa, disini kami memakai masako

Baca Juga:
Cara Membuat:

  1. Rebus Air sampai mendidih, 
  2. Tuangkan air kedalam tepung gandum 1/4 kg yang sudah di letakkan di wadah, aduk sampai rata.
  3. Masukkan bumbu halus dan tepung tapioka kemudian uleni sampai kalis. 
  4. Bentuk Adonan bulat-bulat karena pada dasarnya cilot bulat, dan isi kan telur puyuh yang sudah direbus ke dalam adonan yang akan di bentuk bulat. 
  5. Rebus Cilok yang sudah dibentuk dan di beri isiian telur puyuh, pastikan air mendidih di atas kompor. 
  6. Angkat dan tiriskan. 
  7. Sajikan dengan Bumbu kesukaan, seperti saus tomat atau saus cabai, atau dengan sambal kacang dan bon cabe. 
Nb: Saat memberi air ke gandum cuma sekali saja, cilok setelah di rebus bisa di kukus kembali agar menjaga kehangatanya. Adonan bisa di tambah loncan jika suka dan tambah nikmat. 
Cilok setelah di rebus di tiriskan


Beginilah cara simpel membuat cilok isi telur puyuh. mudah bukan. yuk praktek masak cilok dirumah bersama keluarga kecil kita, agar anak-anak kita senang dan mempunyai pengalaman tersendiri saat memasak bersama./ikeOke

Terima kasih
selamat mencoba
selamat masak
#ayomasak
#indonesiamemasak

You Might Also Like

0 comments