Resep dan Cara Membuat Wedang Kacang Khas Magelang

9:07 PM

Kota Magelang adalah salah satu kota yang berada di jawa tengah, yang sering mendapatkan atribut kota terbersih dan terasri. kota magelang sering di sebut dengan kota lereng gunung karena memang kota ini berada di bawah gunug, yang membuat kota ini berhawa dingin. Kota magelang sendiri mempunyai banyak gunung, Seperti Gunung Merapi yang sering meletus yang sehingga membuat kota magelang sering terjadi hujan abu. Gunung Andong yang tidak terlalu tinggi tapi mempunyai pemandangan yang indah tapi sedang viral pada para pendaki gunung. 


Karena Magelang di kelilingi banyak gunung, membuat hawa di magelang yang dingin. Dan Magelang sendiri sangat cocok untuk bercocok tanam dari padi, di bagian bawah, sedangkan di atas cocok untuk bertanam kubis, wortel dan lain-lain. Sehingga magelang menjadi kota yang indah dengan kehijaunya. Saya sendiri betah di magelang untuk beberapa hari ini karena memang nyaman sekali, jalan raya yang asri, hawanya yang dingin. jajanan yang bermacam-macam. Sehingga saya menemukan Minuman khas Magelang yang akan kita bahas kali ini. Ya minuman ini adalah Wedang Kacang, wedang kacang memang sangatlah unuik, karena rasanya yang gurih dan cocok sekali dengan hawa magelang yang dingin. dan cocok sekali untuk para traveler yang belum terbiasa hidup di hawa dingin dengan menyantap wedang kacang ini. hmm pasti enak kan. Kacangnya yang empuk, kuah jahenya yang menyegarkan. saya sendiri baru pertama kali marasakanya. Ok langsung saja yuk kita bahas Resep dan Cara Membuat Wedang Kacnag khas magelang ini. 


Bahan-Bahan: 

  1. Satu Setengah liter Air
  2. 2 Ons Gula Pasir
  3. 2 lembar Daun Pandan
  4. 3 Ons Kancang Tanah yang berkulit
  5. 10 Cm Jahe
  6. 1/2 sendok teh garam
  7. Ketan / Roti untuk Tambahan
Baca Juga Resep Lainya : 

Cara Membuat Wedang Kacang Khas Magelang: 
  1. Siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan tadi,
  2. Cuci Kacang tanah yang berkulit tadi, pastikan pas ya kacangnya, kemudian tiriskan.
  3. Seduh Kacang Tanah dengan Air mendidih, tunggu hingga hangat airnya, tiriskan lalu kembali kupas kulit kacangnya. 
  4. Gunakan panci presto untuk mempercepat mempresto kacang, beri air pada panci dan masukkan kacang yang sudah kita kupas tadi. 
  5. Tambahkan daun pandan dan Jahe pada panci, kemudian masak selama setengah jam sampai kaang empuk seperti dipresto. 
  6. Kalau Air tinggal 1 liter, pindahkan ke panci biasa sambil di tambahkan garam dan gula pasir. 
  7. Akhirnya, masak terus sampai gula menjadi larut dan kemudian angkat.
  8. Tuangkan wdang kacang kedalam mangkuk sesuai selera, masukkan ketan / Roti dan nikmati selagi hangat. 


Mudah bukan cara membuat wedang kacang ini, waktu itu saya membeli nya dengan harga 7000 rupiah mendapatkan satu mangkok kecil wedang kacang, memang kecil, maka dari itu saya kurang puas. Dan akhirnya saya memutuskan untuk mencoba membuat sendiri dirumah. karena memang enak dan sepertinya mudah sekali membuatnya. dengan resep di atas bisa mendapatkan 6 porsi wedang kacang, Pokoknya nikmat banget ini bund wedang kacang, untuk bunda-bunda, atau[un ibu-ibu dengan para suaminya bertravel kemagelang bisa mampir ke warung dimagelang yang menyediakan wedang kacang, dan rasakan nikmatnya. 

Manfaat Wedang Kacang
  • Menghilangkan Stress
  • Menghilangkan Rasa Pusing
  • Menghilangkan Capek
  • Mengurangi Flu
  • Menambah semangat kerja

selamat mencoba dan menikmati.

Share ya jika suka, komen jika ada yang kurang.
Terima Kasih banyak. 

You Might Also Like

0 comments