Resep Kering Kentang Manis Pedas Nikmat dan Cara Membuat

8:59 PM

Kali ini kita akan membuat Kering kentang manis pedas yang nikmat, foto disamping adalah hasil jempretan saya sendiri di ambil di saat saya sarapan. Dan jujur saja tulisan ini saya buat kerena saya terinspirasi dengan sarapan saya dengan kering kentang manis pedas yang memang enak banget, dari keringnya, renyahnya, manisnya, pedasnya, di tambah dengan nasi dan telur dadar plus kerupuk enaknya pengen tambah tereus. tapi memang saya akui sarapan ini adalah yang paling enak dan murah, praktis dan mengenyangkan. pasti pengen nyoba kan? hehe kalau gak nyoba bakalan nyesel deh. 

Kering ini saya dapat dari Budhe sayam karena saya tinggal di jawa saya panggi budhe kalau di jawa barat mungkin panggilanya tante kali apa kurang tahu, Berhubug budhe saya adalah catering jadi ketika budhe saya ada pesanan kering kentang banyak budhe saya membuatnya agak banyak karena untuk stok dirumah juga, Karena saat itu saya ada dirumah budhe akhirnya saya pun makan kering kentang ini, Awalnya tidak pakai nasi tapi sudah enak dan kerasa banget krenyesnya, kemudia di siang hari saya coba makan siang nasi dengan lauk telur dadar di tambah kering kentang plus kerupuk ddan ternyata enaknya hmm. pokoknya kalian harus coba sendiri deh. Dan setelah saya makan saya wawancarai budhe saya resep dan cara membuat Kering kentang ini. yuk langsung aja simak resep apa saja yang akan kita gunakan. 


Bahan-bahan: 

  1. Bahan Utama 500 gram kentang
  2. 4 siaung bawang putih
  3. 10 buah cabai merah lebih pn boleh agar lebih pedas atau ingin sesuai selera keluarga
  4. 4 lembar daun jeruk
  5. 1 sendok teh bubuk kaldu ayam
  6. 50 gram gula pasir
  7. 1 sendok teh asam jawa yang di encerkan. 
  8. Minyak secukupnya
  9. Garam secukupnya
  10. Kacang goreng secukupnya.
Tips : "potong kentang tipis sesuai bentuk selera, dan jangan di serut. kemudian siapkan wadah dan campurkan air matang secukupnya dengan 1 sdt air kapur sirih perkiraan air matang merendam semua kentang, lalu rendam selama 15 menit. setelah selesai cuci sekali saja lalu tiriskan. Untuk Gula pasir gunakanlah yang benar halus agar cepat menyatu dengan kering kentangnya. Tuangkan minyak banyak kedalam wajan, minyak baru dan banyak agar kentang cepat kering dan keringnya bagus. 

Cara Membuat: 
  1. Perhatikanlah tips di atas agar sukses, kemudian goreng kentangnya hingga kering. 
  2. bumbu yang sudah di haluskan dan ditumis hingga harum, tuangkan air asam jawa, garam dan kaldu ayam, aduk aduk dengan cepat, dan gunakanlah api sedang. 
  3. Masukkan kering kentang kedalamnya. kemudian masukkan kacang goreng secukupnya dan tambahkan gula pasir kemudian aduk-aduk lagi dengan cepat sehingga merata.
  4. angkat dan sajikan
  5. masak telur dadar dan sediakan kerupuk
  6. sediakan nasi dalam piring ambil kering secukupnya, ambil telur dadar dan kerupuk, lalu santap dengan doa sebelumnya, 


Gimana mudah bukan, bukan hanya mudah tapi nikmatnya juga kerasa sampai tulang. hehe, yuk cobain dirumah, share dan like ya kalau kalian suka, komen jika kurang berkenan 

selamat mencoba 
terima kasih banyak

You Might Also Like

1 comments