12 Manfaat Susu Jahe Untuk Kesehatan Ibu Hamil Muda

2:09 AM

12 manfaat Susu Jahe Untuk Kesehatan Ibu Hamil Muda by Ommasakom
12 Manfaat Susu Jahe Untuk Kesehatan Ibu Hamil Muda

Khasiat jahe yang belum diketahui oleh ibu hamil menimbulkan keraguan untuk mengkonsumsinya. Namun tahukah anda jika jahe mempunyai banyak manfaat untuk wanita hamil. Untuk itu, ketika hamil anda bisa mengkonsumsi minuman dengan berbahan dasar jahe. Ada banyak manfaat susu jahe untuk ibu hamil muda, seperti mampu mencegah gangguan kehamilan.

Tidak hanya itu, jahe juga mengandung zat besi bermanfaat untuk menaikkan hemoglobin tubuh saat hamil. Selain itu, kandungan minyak atsiri dan zat zingeron bisa menghilangkan mual saat hamil. Namun untuk mengungkap banyaknya manfaat minuman dengan bahan dasar jahe, maka berikut inilah manfaat susu jahe bagi ibu yang sedang hamil muda.

Baca Juga : 
- Ngeri! Makanan 6 Kerupuk Ini sama dengan Konsums 2 Porsi Nasi Lebih
- 11 Cara Membuat Donat Karakter Kartun Lucu dan Unik Lengkap dengan Toppingnya
- 10 Cara Membuat Mochi Ice Cream Warna-warni Enak dan Empuk 

1. Menghilangkan mual
Manfaat pertama susu jahe bagi ibu yang hamil usia muda yaitu menghilangkan mual. Kandungan minyak atsiri dan zat zingeron bisa menghilangkan mual saat hamil. Cara membuat minuman jahe untuk ibu hamil hanya dengan menyeduhnya dengan air panas. Paling tidak konsumsi sehari 1 kali setiap pagi.

2. Menghilangkan pusing
Manfaat lainnya dari susu dari jahe terutama untuk ibu saat hamil juga mampu menghilangkan pusing. Oleh sebab itu, saat hamil sang ibu bisa mengkonsumsi jahe hangat untuk menghilangkan rasa pusing yang dialaminya. Caranya dengan menghirup dalam-dalam aroma jahe hangat sebelum anda meminumnya.

3. Menghindari cacat lahir
Banyak yang mengatakan jika bahaya jahe yang dikonsumsi untuk ibu saat hamil muda beresiko keguguran. Namun tak semua anggapan itu benar. Justru dengan mengkonsumsi jahe bisa menghindari cacat lahir dan juga ketidaknormalan fungsi otak. Akan tetapi anda tidak boleh mengkonsumsinya dalam jumlah yang berlebih.

4. Menghilangkan stres
Wedang ronde atau sering disebut minuman jahe untuk ibu hamil ternyata juga dapat menghilangkan stres. Oleh karena itu, untuk menghindari stres selama masa kehamilan seorang ibu akan lebih membutuhkan banyak asupan makanan atau minuman seperti jahe yang memberikan efek ketenangan.
5. Meningkatkan sistem imun tubuh

Untuk menjaga dan meningkatkan sistem tubuh apalagi pada saat hamil tentu sangatlah penting. Cara membuat wedang jahe untuk ibu hamil membantu kekebalan serta peningkatan sistem imun yang ada dalam tubuh. Sistem imun tubuh sangat bermanfaat untuk menangkal berbagai macam penyakit yang ingin masuk ke dalam tubuh.

6. Menambah nafsu makan
Banyaknya pantangan selama hamil mungkin membuat sebagian orang bertanya-tanya bolehkah ibu hamil minum susu jahe merah. Tentu, boleh asalkan anda tidak berlebihan saat mengkonsumsinya. Kandungan zingeron yang ada dalam jahe, akan menambah nafsu makan dan penghilang mual sehingga makan lebih nyaman.

7. Mencegah gangguan kehamilan
Susu jahe juga terbukti mampu mencegah gangguan kehamilan. Gangguan kehamilan biasanya berupa punggung nyeri, pinggang nyeri dan juga perut nyeri. Untuk mengatasi gangguan kehamilan bisa dengan mengkonsumsi jahe hangat. Kandungan senyawa yang ada dalam jahe bisa mencegah dan meredakan gangguan kehamilan.

8. Meredakan maag waktu hamil
Meredakan maag waktu hamil bisa diatasi dengan mengkonsumsi wedang jahe. Cara membuat wedang jahe untuk ibu hamil diusia muda hanya dengan mencampurnya dengan 1 gelas air panas. Dengan meminumnya maka sakit maag waktu hamil bisa reda.

9. Melancarkan sistem pencernaan
Saat hamil memang harus selektif dalam memilih minuman yang akan dikonsumsinya. Misalnya anda mengkonsumsi minuman jahe karena anda sangat menyukainya saat hamil. Kandungan jahe memang mampu melancarkan sistem pencernaan. Namun jika anda tidak sesuai aturan saat mengkonsumsinya maka efek samping jahe untuk ibu yang hamil bisa saja terjadi.

10. Meredakan perut kembung
Gejala hamil muda adalah sering mengalami perut kembung. Lalu bolehkan ibu hamil minum bandrek. Boleh, tapi untuk jangka pendek. Hal ini dikarenakan mengkonsumsi bandrek yang berlebihan bisa mengganggu penyerapan zat besi dan vitamin dalam tubuh.

Selain 10 manfaat minuman jahe bagi ibu hamil muda, ada 2 manfaat lainnya dari minuman jahe yang baik bagi ibu yang sedang hamil muda, Seperti:
11. Menurunkan tekanan darah

12. Menghilangkan gas berlebih



Itulah manfaat susu jahe bagi ibu yang hamil muda. Jika anda dalam usia kehamilan yang cukup muda maka anda harus memperhatikan dengan baik jenis minuman apa saja yang baik dikonsumsi seperti halnya susu jahe. Minuman jahe ini memang aman namun jika anda mengkonsumsi secukupnya. Segala sesuatu yang dikonsumsi secara berlebihan tentu tidak baik bagi kesehatan.

You Might Also Like

0 comments