Inilah 23 Manfaat Latihan Fisik Secara Teratur! (Jenis Latihan Fisik)

10:50 PM

Kondisi kebugaran fisik mempunyai efek yang cukup besar pada kualitas hidup seseorang.  Hal itu alasannya yaitu selain untuk menjaga kondisi fisik supaya tetap fit dalam menjalankan aktifitas sehari-hari...

...juga menjaga kondisi psikologis supaya tetap dalam kondisi baik, dengan latihan fisik ini juga bisa memberbaiki kondisi suasana hati (mood) seseorang.

Apabila mendengar istilah latihan fisik, mungkin yang terbayang yaitu sebuah acara yang sangat melelahkan, serta muncul anggapan bahwa latihan fisik sulit untuk dilakukan.

 Kondisi kebugaran fisik mempunyai efek yang cukup besar pada kualitas hidup seseorang Inilah 23 Manfaat Latihan Fisik Secara Teratur! (Jenis Latihan Fisik)

Padahal latihan fisik bukanlah hal yang berat untuk dilakukan, justru sangat gampang dan bisa menjadi menyenangkan. Disamping itu bila Anda sering merasa lemas, gampang capek dan kurang semangat...

...maka dilema tersebut bisa diatasi secara efektif dengan melaksanakan latihan fisik, termasuk untuk Anda yang gampang mengantuk, lakukan-lah latihan fisik untuk mengatasinya.

Tubuh memerlukan pengolahan (latihan) pada titik tertentu supaya selalu fit. Hal yang kurang baik bila badan selalu “dimanjakan” hanya dengan duduk-duduk, berbaring, bahkan tidur seharian...

Hal itu mengakibatkan otot badan lama-kelamaan akan kendur, hal ini menunjukkan dampak negatif berupa penyakit yang rentan menyerang tubuh.

Dengan latihan fisik, daya tahan badan akan meningkat, sehingga penyakit juga akan menghindar. Sehingga acara in bukanlah menciptakan lelah, justru akan bisa meningkatkan efektifitas kerja.

Menurut beberapa penelitian, latihan fisik yang teratur tidak hanya sekadar menciptakan badan terasa bugar, tapi juga meningkatkan kesehatan mental, sehingga emosi bisa untuk dikontrol dengna baik.

Ketika Jennifer Carter, PhD, seorang konseling dan psikolog latihan fisik untuk keseimbangan hidup di Ohio, Amerika Serikat, mengatakan, “Saya sering merekomendasikan latihan untuk klien psikoterapi saya, khususnya bagi mereka yang mengalami rasa kecemasan atau depresi.”

Manfaat latihan fisik
Jika masih bermalas-malasan untuk olahra latihan fisik,maka Anda harus mengetahui banyak manfaat latihan fisik yang dilakukan secara teratur, berikut di bawah ini:

#1. Menurunkan risiko terkena penyakit
Latihan fisik bisa mempunyai manfaat untuk mencegah penyakit serius, menyerupai diabetes tipe 2, radang pada sendi (osteoartritis),  kanker payudara, kanker usus, penyakit jantung dan pembuluh darah, depresi, demensia (menurunnya daya pikir), stroke, tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi.

Penyakit yang sering diderita oleh masyarakat Indonesia yaitu penyakit jantung koroner. Penyebab penyakit ini alasannya yaitu kondisi darah tidak mengalir dengan lancar pada pembuluh darah, alasannya yaitu terjepit zat lemak yang tertimbun di pembuluh darah, ataupun pedoman darah terhalang zat kapur.

Sehingga, solusi untuk mengatasinya yaitu dengan rutin melaksanakan latihan fisik, yang keuntungannya menciptakan jantung sanggup berfungsi secara ortimal...

...dimana latihan fisik menciptakan peredaran darah dari jantung ke seluruh badan serta peredaran darah dari seluruh badan ke jantung menjadi lancar.

Dengan daya tahan dan fungsi jantung yang membaik, berefek nyata pada menurunnya resiko penyakit jantung, gagal jantung, jantung koroner dan stroke.


#2. Tidur menjadi lebih nyenyak
Latihan fisik menciptakan mood akan cenderung positif, hal ini berimbas tidur menjadi lebih nyenyak. Akan tetapi, perlu diperhatikan bahwa latihan fisik berlebihan justru menciptakan badan lelah berlebihan, yang malah menimbulkan kesulitan tidur.

Hal lainnya, hindari latihan fisik sebelum tidur, dengan kata lain bahwa tidak direkomendasikan latihan fisik pada malam hari.

#3. Mampu mengontrol emosi
Latihan fisik bisa menciptakan mood Anda menjadi lebih terkontrol. Bisa dikatakan bahwa latihan fisik memicu keluarnya ‘endorfin’, sebuah zat yang menimbulkan rasa nyaman dan senang, serta menekan rasa sakit...

...sehingga hal tersebut menciptakan Anda bisa menjaga kondisi emosi supaya stabil dan terkontrol dengan baik. Melakukan latihan fisik sanggup menurunkan risiko seseorang terkena depresi.

Terlalu memforsir pikiran untuk memikirkan pekerjaan atau alasannya yaitu hal lainnya akan menguras emosi, yang memicu depresi. Sehingga, untuk meringankan permasalahan ini perlu dilakukannya latihan fisik secara teratur (4-7 kali dalam seminggu).

Dengan latihan fisik akan merangsang zat kimia di otak, dan menciptakan perasaan lebih rileks dan bahagia. Anda juga bisa lebih percaya diri alasannya yaitu latihan fisik yang dilakukan.

Disansir dari situs 10 Tips Penting Mandi yang Baik, Sehat dan Menyenangkan
  • 10 Cara Alami Menurunkan Kadar Kolesterol Tinggi
  • 12 Bahaya Junk food Bagi Kesehatan [Cara Mengatasi Ketagihan Junk Food]
  • You Might Also Like

    0 comments