19 Manfaat Renang Bagi Badan (Bagi Anak, Orang Dewasa, Bayi, Perempuan Hamil Dll)

10:30 PM

Berenang menjadi kegiatan menyenangkan, dan sekarang sering dijadikan sarana rekreasi untuk keluarga, biasanya simpulan pekan (hari libur).

Berenang, menciptakan otot-otot bereaksi terutama otot tangan dan kaki, selain itu pernapasan menjadi ikut terlatih.

Saat berenang, biasanya tidak menggunakan alat bantu apapun (kecuali beling mata dan alat pelindung lain), tapi kalau belum bisa berenag maka bia dibantu dengan alat, ibarat pelampung dan semacamnya.

 Berenang menjadi kegiatan menyenangkan 19 Manfaat Renang Bagi Tubuh (Bagi Anak, Orang Dewasa, Bayi, Wanita Hamil dll)

Berenang yang bukan hanya dianggap sebagai olahraga, melainkan juga sarana rekreasi. Selain itu kegiatan berenang juga digunakan untuk hal lain, ibarat mencari ikan, dll

Banyak orang yang menyukai olahraga ini, banyak masyarakat menganggap berenang mempercepat pertumbuhan anak, selain juga dengan bermain basket.

Sehingga, orang-orang yang rutin berenang semenjak kecil umumnya tumbuh besar dengan tubuh yang sehat. Postur tubuhnya tegap, dan biasanya langsing. Sehingga renang menjadi kegiatan yang besar manfaatnya.

Jumlah kalori yang dibakar, tentu saja tergantung pada fisiologi tubuh masing-masing orang dan juga tingkat intensitas olahraga yang dilakukan.

Sebagai hukum umum untuk setiap 10 menit berenang: berenang gaya dada akan memperabukan 60 kalori; gaya punggung memperabukan 80 kalori; gaya bebas memperabukan 100 kalori; gaya kupu-kupu memperabukan 150 kalori.

Manfaat Berenang

#1. Sehat untuk jantung
Berenang memperlihatkan manfaat penting untuk membantu menjaga kesehatan organ jantung dan menjaga sistem pernafasan tubuh.

Berenang yaitu ibarat latihan aerobik, yang memperkuat jantung, tidak hanya membantu jantung lebih besar, tetapi membantu proses memompa darah yang dialirkan ke seluruh tubuh dengan baik.
Penelitian memperlihatkan bahwa latihan aerobik memerangi respon inflamasi tubuh yang mengakibatkan penyakit jantung.

American Heart Association menjelaskan bahwa hanya melaksanakan latihan selama 30 menit per hari, ibarat berenang, bisa mengurangi penyakit jantung koroner pada perempuan sebesar 30 hingga 40 persen.

Analisis oleh pihak Annals of Internal Medicine memperlihatkan bahwa latihan aerobik secara teratur bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah.

Berenang berefek positif untuk kesehatan jantung, berenang bermanfaat untuk menurunkan risiko lebih rendah terkena penyakit jantung. Hal ini menurut dari studi oleh Counsilman Center for the Science of Swimming Human Performance Laboratory di Indiana University.


#2. Melatih pernafasan
Berenang sanggup melatih pernafasan dan memperkuat nafas. Dimana olah raga air ibarat berenang ini akan membutuhkan pernafasan yang berpengaruh biar bisa menyelam dalam waktu lama, yang menciptakan sistem kerja pernafasan akan terlatih menjadi lebih panjang ketika berenang.

Gerakan berenang mencakup seluruh otot anggota gerak tubuh, rajin berenang menciptakan pedoman darah ke jantung menjadi lancar, demikian juga pembuluh darah, serta organ paru-paru bisa memperlihatkan pernafasan lebih panjang.

Renang sangat mempunyai kegunaan untuk mengatasi gangguan pernapasan dengan meredakan stress dan tegang di dalam jiwa, serta melapangkan belahan dada dan diagframa.

Gerakan yang dilakukan secara berirama juga menciptakan napas menjadi lebih panjang, yang sanggup menambah kapasitas paru-paru dan meningkatkan supply darah dalam tubuh.

Latihan renang meringankan dampak stress dan ketegangan yang menjadikan sesak napas di dada. Apabila seseorang menderita bronchitis atau asma beratm, dirinya mungkin tidak sanggup berenang lama, tetapi masih bisa melaksanakan renang secara perlahan-lahan saja, yang akan memperlihatkan dampa positif.

Debuah penelitian dari University of the Pacific, Amerika Serikat, menemukan hasil bahwa gerakkan renang bisa mengurangi frekuensi bernapas (agar bisa bernafas panjang) dan meningkatkan jumlah oksigen dari paru-paru menuju otot tubuh.

Selain itu, ketika berenang, seseorang melatih sendiri pernapasannya ibarat mengambil, menahan dan mengeluarkan napas, hal ini mempunyai kegunaan untuk meningkatkan kinerja paru-paru

#3. Meningkatkan kekuatan otot & tulang
Kalau melihat atlet renang yang ada di seluruh dunia, mereka mempunyai otot dan tulang yang kuat. Anda bisa melihat otot orang-orang yang mempunyai hobi berenang, umumnya terlihat lebih keras dan ideal.

Berenang menjadi cara yang elok untuk meningkatkan kekuatan otot dan masa otot, bahkan jikalau dibandingkan dengan beberapa latihan aerobik lainnya.

Untuk orang yang berlari, hanya menggerakan tubuhnya melalui udara. Adapun perenang, mendorong tubuhnya sendiri melalui air (yang sekitar dua belas kali lebih padat daripada zat udara). Sehingga, setiap pergerakan lengan dan kaki menjadi latihan daya tahan yang sangat baik.

Ketika berlari, otot kaki, paha dan pantat saja yang akan terbentuk. Adapun olahraga renang akan melatih seluruh otot tubuh tubuh.

Ketika kau berenang, kaki dan tangan akan terperinci terlatih dengan beban yang cukup berat, sehingga menghasilkan manfaat yang besar. Ketika melaksanakan gaya bebas, punggung akan tertarik dan otot perutu juga ikut kencang.

Loading...

#4. Meninggikan badan
Salah satu cara elok dalam perjuangan meninggikan tubuh yaitu berenang. Selain basket dan beberapa jenis olahraga lainnya. Berenang dinilai efektif untuk menciptakan tubuh lebih tinggi, hal ini dari banyak sekali penelitian para ahli.

Berenang melatih semua otot-otot tubuh sehingga memungkinkan membantu anak untuk bertambah tinggi. Berenang memicu hormon-hormon pertumbuhan bekerja lebih biar anak terus bertambah tinggi dan berkembang.

Tetapi, pertambahan tinggi tubuh tidak hanya dipicu oleh kegiatan renang. Hal lain yang lebih memilih yaitu faktor keturunan. Jika tinggi tubuh anda dan pasangan biasa-biasa saja maka besar kemungkinan tinggi tubuh anak juga biasa-biasa saja.

Dan sebaliknya, jikalau tubuh orang bau tanah tinggi maka anak juga cenderung mempunyai postur tubuh tinggi.

Faktor selanjutnya yaitu nutrisi, penting memperoleh nutrisi yang memadai dan seimbang untuk proses tumbuh kembang anak yang baik. Sehingga, walaupun anak sering berenang, tetapi teladan makannya buruk, bisa menjadi kendala pada pertumbuhan tinggi badannya.

Faktor selanjutnya yaitu istirahat yang cukup, sehingga miliki teladan tidur yang baik dan sehat.

Pertumbuhan tinggi tubuh yang cepat, terjadi pada usia 9-12 tahun. Pada ketika ini hormon-hormon pertumbuhan bekerja sangat aktif. Dengan melaksanakan aktifitas fisik yang cukup, ibarat berenang, penambahan tinggi tubuh akan maksimal.

#5. Bentuk tubuh ideal
Jika anda kesulitan dalam mendapat tubuh yang ideal, pertimbangkan untuk rutin berenang. Berenang dinilai efektif untuk membentuk tubuh yang ideal. Berenang menciptakan semua anggota tubuh bergerak dengan sempurna. Otot di belahan tangan dan kaki terbentuk secara alami.

Berenang juga menciptakan tubuh langsing (tidak gemuk). Umumnya orang tahu wacana hal ini, yang sangat perlu diketahui bahwa renang dinilai sebagai olahraga yang paling efisien untuk memperabukan lemak, bahkan bisa memperabukan kalori lebih tinggi dibandingkan lompat tali dan lari di treadmill.

Gaya dada selama 10 menit bisa memperabukan 60 kalori. Gaya punggung dalam durasi 10 menit bisa memperabukan lemak hingga 80 kalori. Gaya kupu-kupu selama hingga 150 kalori.

Hal ini bisa dibandingkan dengan berlari selama 10 menit, yang memperabukan 100 kalori. Intensitas pembakaran lemak tergantung dengan gaya berenang yang dilakukan.


#6.  Meredakan stress
Banyak melaksanakan gerakan di dalam air (berenang) bermanfaat untuk meningkatkan hormon endorfin di dalam otak, yang kegunaannya untuk menciptakan suasana hati yang lebih hening dan nyaman. Selain itu, bersentuhan dengan air menciptakan tubuh terasa sejuk, yang juga berdampak positif bagi suasana hati dan pikiran.

Penelitian telah memperlihatkan bahwa berenang memang benar-benar sanggup mengubah otak menjadi lebih baik melalui proses yang dikenal sebagai “neurogenesis hippocampal”, yaitu membalikkan kerusakan otak, di mana itu menggantikan sel-sel hilang akhir stres.

#7. Meningkatkan kebugaran tubuh
Olahraga renang yang menyehatkan memperlihatkan dampak terhadap kebugaran. Berenang berupa minimal selama 20 menit dengan irama dan teknik sama pada kecepatan yang konstan, bermanfaat untuk meningkatkan kebugaran dan merangsang metabolisme tubuh.

#8. Meredakan radang sendi
Postur tubuh, terutama pada punggung sanggup diperbaiki dengan cara berenang. Latihan berenang bisa mengatasi problem yang menyerang tulang belakang. Gerakan motorik secara konstan baik tangan ataupun kaki mempunyai kegunaan memperkuat otot, yang menciptakan otot lebih kencang.

#9. Menurunkan berat badan
Berenang dinilai sebagai olahraga paling efektif untuk memperabukan kalori dan lemak di dalam tubuh, sehingga jikalau anda rajin berenang bermanfaat menurunkan berat tubuh secara cepat.

Peneliti dan pengajar renang Profesor Kay Cox dari University of Western Australia, menyampaikan bahwa berenang lebih ramah pada sendi sebab bobot tubuh 'ditahan' oleh air. Berbeda dengan olahraga berlari, dimana sendi-sendi kaki harus menahan bobot tubuh pada setiap langkahnya.

Berenang disarankan dilakukan untuk mereka yang ingin menurunkan berat. Renang tidak membebani persendian ibarat ketika orang berjalan atau berlari sehingga lebih minim risiko cedera dan bisa dilakukan dalam waktu lama.

Profesor Cox mengingatkan bahwa ada hal jelek juga dari berenang yang penting diperhatikan, suhu air yang hambar sekitar 26-27 derajat celcius menciptakan para perenang sangat lapar sesudah berenang.

Menurut Profesor Cox, perlu melaksanakan olahraga di darat ibarat berlari kecil untuk meningkatkan suhu tubuh, sehingga bisa menahan nafsu makan yang berlebihan nantinya.

Bila Anda berenang, terutama di air yang dingin, maka hal pertama yang perlu segera dilakukan sesudah gres saja selesai berenang yaitu menghangatkan badan, caranya bisa dengan mengonsumsi masakan atau minuman hangat.

Namun, hindari makan secara berlebihan.

#10. Menurunkan risiko diabetes
Berenang bisa mencegah penyakit diabetes, ddimana berenang bermanfaat secara efektif untuk memperabukan kalori dan lemak serta gula dalam darah, hal ini sangat penting untuk mencegah munculnya penyakit diabetes.

Dalam sebuah penelitian, laki-laki umumnya sanggup mengurangi risiko diabetes dengan rata-rata 6 persen untuk setiap 500 kalori per ahad yang dibakar, dengan aerobik ataupun renang.

30 menit berenang dengan gaya dada sebanyak tiga kali dalam seminggu, bisa memperabukan 900 kalori, dimana ini sanggup menurunkan risiko diabetes tipe 2 sekitar 10 persen. Hal ini juga berlaku untuk kaum perempuan (dengan manfaat yang hampir sama).

#11. Mencegah obesitas
Berenang bermanfaat untuk mengurangi berat badan, sehingga mencegah obesitas atau kegemukan. Berenang menciptakan kalori dalam tubuh terbakar dengan baik, hal sebab olahraga renang melibatkan lebih banyak belahan anggota tubuh. Banyak orang yang berenang biar tubuhnya tetap fit dan juga ramping.

#12. Alternatif rekreasi & meningkatkan mood
Berenang juga menjadi rekreasi yang menyenangkan, yang banyak dilakukan masyarakat. Sehngga tidak sekedar olahraga saja.

Rekreasi yang “menyehatkan badan” ini juga bermanfaat untuk menghilangkan stress. Sehingga banyak manfaat yang diperoleh dari kegiatan renang, terutama bersama teman-teman atau keluarga yang tercinta.

#13. Alternatif terapi ketika cidera
Cukup sering atlet yang mengalami cidera, kemudian salah satu cara mengatasinya biar cepat pulih, yaitu menjalankan terapi berenang.

Anjuran terhadap atlit ibarat ini tentunya menurut dari mahir terapi mereka, sehingga dilakukan pengawasan oleh ahli. Rehabilitasi (untuk memulihkan cedera yang dialami) sudah banyak dilakukan banyak sekali atlet, sebut saja pemain sepak bola, basket, hingga badminton.

#14. Meningkatkan fleksibilitas tubuh
Berenang melatih pergerakan kaki, tangan, kepala, dan seluruh anggota tubuh lainnya. Hal ini memicu tubuh menjadi lebih fleksibel untuk melaksanakan banyak sekali gerakan. Manfaatnya juga dari hal ini yaitu tubuh tidak gampang cedera.

#15. Memungkinkan usia lebih panjang
Tubuh yang sehat memungkinkan untuk mempunyai usia lebih panjang. Dari beberapa studi, menemukan hasil penelitian bahwa berenang membantu biar usia lebih panjang dan tetap bugar di hari bau tanah (walaupun usia yaitu takdir Allah, kita hanya bisa mengusahakan saja).

Berenang mempunyai banyak manfaat bagi tubuh manusia. Seperti dilansir dari sejumlah literatur, berenang meningkatkan kekuatan otot dan juga tulang.

Berenang menciptakan jantung lebih sehat sebab bisa menyehatkan sistem pernapasan tubuh.

#16. Mengurangi tanda-tanda asma
Berenang tidak hanya menghindari serangan asma, beberapa studi yang dlakukan para mahir menemukan hasil studinya bahwa berenang bisa menyembuhkan banyak sekali problem pernapasan ibarat mendengkur, engos-engosan (sering bernapas dari mulut) dan sebagainya.

Ketika berenang, anda diharuskan mengatur napas. Gerakan renang juga menguatkan otot yang terdapat disekitar jantung dan paru-paru.

Sebuah penelitian yang dilakukan tahun 2009, bawah umur yang berenang selama enam minggu, tanda-tanda asmanya berkurang, selain itu mereka tidak lagi mendengkur. 

#17. Menurunkan kolesterol jahat (LDL)
Berenang telah terbukti bisa menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kadar HDL (Kadar kolesterol baik). Penelitian yang dilakukan para ahl memperlihatkan bahwa latihan aerobik ibarat berenang sanggup menjaga endothelium. Endotelium yaitu lapisan tipis sel-sel yang melapisi arteri Anda.

Dilansir dari Zocdoc.com, olahraga untuk menurunkan LDL harus berbentuk aerobik, dimana Anda akan berkeringat karenanya. Untuk latihan berbentuk isometrik ibarat angkat berat maka tidak mempunyai manfaat yang sama untuk menurunkan kolesterol dan untuk tingkat kesehatan jantung.

Olahraga ibarat berenang dan berjalan merupakan kegiatan aerobik, yang keduanya sangat baik untuk menurunkan kolesterol dan kesehatan jantung.

Selain olahraga, jangan lupa bahwa teladan makan sehat dan seimbang menjadi hal penting dari mengendalikan kolesterol di dalam tubuh, penting untuk menghindari merokok dan alkohol.

#18. Meningkatkan kelenturan tubuh
Tidak ibarat mesin latihan di sentra kebugaran yang bentuk olahraganya cenderung mengisolasi satu belahan tubuh saja, kegiatan renang akan melaksanakan banyak sekali gerakan yang membantu sendi dan ligamen biar tetap longgar dan fleksibel.

Lengan bergerak, pinggul juga terlibat sebagai penompang kaki di dalam air, serta kepala dan tulang belakang bergerak dari sisi ke sisi. Hal ini memperlihatkan manfaat peregangan yang sangat baik, mulai dari kepala hingga kaki.

Ketika Anda berenang, secara tidak pribadi anda juga memutar, meregangkan, dan menarik tubuh biar bisa berenang maju. Tanpa kekuatan dari tarikan tangan dan tendangan kaki di dalam air, tubuh tidak bisa bergerak di dalam air. Sehingga, semua gerakan tersebut menciptakan tubuh fleksibel dan lentur.

#19.Membuat cerdas
Berenang ternyata juga sanggup meningkatkan kecerdasan seseorang. Sebuah penelitian yang dilakukan di negara Australia memperlihatkan hasil bahwa bawah umur yang berenang secara rutin bisa menguasai perkembangan bahasa, motorik tubuh yang lebih bagus, lebih percaya diri, dan pertumbuhannya lebih cepat dibandingkan bawah umur yang tidak berenang.

Dilansir dari Boldsky.com, sebuah studi mengklaim bahwa sirkulasi darah orang-orang yang sedang berada di dalam air jauh lebih baik dibandingkan mereka yang sedang berada di darat, Ini yaitu studi yang dilakukan dengan tujuan mengetahui manfaat kardiovaskular dari sejumlah aktivitas.

Studi tersebut juga mengklaim bahwa ketika tubuh seseorang berada di dalam air dengan ketinggian setara dengan area dada, maka sirkulasi darah dalam kondisi lebih baik, termasuk pedoman darah ke otak.

Peneliti melaksanakan penelitian mengenai korelasi keberadaan tubuh di dalam air dan kegiatan otak, penelitian melibatkan 10 orang. Awalnya mereka diminta bangun di dalam tangki air yang telah dikosongkan.

Setelah detak jantung dan data lainnya dicatat, air kemudian dipompa ke dalam tanki hingga setinggi area dada pada penerima studi. Data mengenai detak jantung dan lain-lain kemudian dikumpulkan dan dianalisa.

Tidak hanya memperbaiki sirkulasi darah ke otak, berenang juga memacu hormon endorfin dan meningkatkan neurogenesis hippocampal, yang mempunyai kegunaan untuk meningkatkan proses pertumbuhan dan perkembangan sel-sel gres di otak, menjad lebih baik.

Kemudian, suplai darah menjadi lebih banyak dialirkan ke otak ketika berenang. Hal ini berarti bahwa lebih banyak nutrisi dan oksigen yang disuplai ke organ otak.

Dengan begitu, biar menjaga otak tetap tajam dan berfungsi dengan baik, maka rajin-rajinlah berenang, kalau bisa seminggu sekali, atau lebih sering dari itu.

Manfaat berenang bagi bayi:
  1. Membantu perkembangan motorik bayi
  2. Membantu perkembangan syaraf
  3. Membantu proses pertumbuhan
  4. Meningkatkan sistem imun
  5. Membantu keberanian bayi
  6. Agar bayi tidak gampang terkejut
  7. Agar bayi tidak rewel ketika mandi
  8. Membantu pembiasaan bayi ketika di daerah lain

Di dalam air, si bayi akan menggerakkan seluruh tubuhnya, dari kaki, tangan, dan belahan lainnya. Hal ini sangat membantu perkembangan motoriknya.

Berenang menciptakan si Kecil banyak bergerak, yang menciptakan jantung dan paru-parunya bekerja lebih optimal, hal ini bermanfaat untuk membuatnya lebih berpengaruh dan peredaran darahnya lebih lancar.

Saat berenang di kolam renang umum, Si kecil akan bertemu dan berinteraksi dengan orang lain. Hal ini membantunya menjadi anak yang lebih berani nantinya.

Perlu diketahui, tidak ada usia niscaya kapan si kecil boleh diajak berenang. Namun, jikalau ia sudah bisa menegakkan kepala maka umumnya sudah siap untuk berenang.

Manfaat berenang bagi wanita:
  1. Menjaga tubuh ideal
  2. Menjaga bentuk tubuh sesudah hamil
  3. Mengencangkan otot-otot
  4. Mengencangkan g-spot
  5. Detoksifikasi racun di dalam tubuh
  6. Menghilangkan stres

Manfaat berenang bagi perempuan hamil:
  1. Tidur lebih nyenyak
  2. Meningkatkan daya tahan tubuh
  3. Menghindari stres
  4. Mencegah lahir prematur
  5. Membantu proses persalinan
  6. Melonggarkan otot-otot sekitar pinggul
  7. Memperkuat paru paru
  8. Memperkuat jantung

Manfaat berenang bagi orang tua:
  1. Menjaga biar tidak pikun
  2. Menjaga tulang biar tetap sehat
  3. Menjaga fungsi jantung dan paru paru
  4. Mencegah stroke
  5. Mencegah janjkematian mendadak
  6. Membuat tubuh rileks
  7. Agar tidak gampang terjangkit penyakit
  8. Membantu memperkuat pernafasan

Cara Berenang yang Sehat dan Baik

Lakukanlah pemanasan sebelum berenag, hal ini sangat penting untuk mencegah keram ketika berenang. Pemanasan dengan gerakan yang ringan saja.

Jangan pernah berenang di daerah kolam renang yang airnya aneh, mempunyai bacin yang tidak sedap, dan sebagainya.

Jika mempunyai alergi, luka bakar ataupun infeksi, apalagi penyakit kulit, jangan coba-coba berenang sebab bisa mengakibatkan orang lain tertular, serta kondisi penyakit semakin parah

Jangan berenang di pantai sesudah turun hujan yang sangat deras, sebab beresiko menimbulkan penyakit.

Jika berenang di pantai, janga lupa mendengarkan dan perhatikan setiap peringatan yang diberikan di pantai biar anda tidak terjebak dalam bahaya

Jangan buang air kecil di dalam air kolam ataupun air laut.

Bilas anggota tubuh sesudah selesai berenang. Paling disarankan: mandi dengan sabun dan air higienis sesudah selesai berenang.

Perhatian:

Efek samping dari berenang bisa menimbulkan risiko jerawat kulit, jerawat mata dan telinga, diare, dan demam, hal ini bisa terjadi jikalau air untuk berenang kondisinya tidak baik.

Disarankan menggunakan tabir surya sebelum berenang di luar ruangan, hal ini akan mengurangi panas matahari yang memperabukan kulit.

You Might Also Like

0 comments