Cara & Teknik Push Up Yang Benar (Dan 8 Manfaatnya)

11:30 PM

Cara Push Up yang baik dan benar -- Push Up merupakan aktifitas olahraga untuk menjaga kebugaran tubuh, yang dikenal berkhasiat untuk membesarkan otot-otot lengan, tangan, dan perut.

Push Up sanggup dilakukan dimana saja, ibarat di kamar, ruang kecil, lapangan, ataupun daerah khusus olahraga, serta sanggup dilakukan kapan saja, tetapi utamanya pagi hari.

Latihan ini sudah sering dilakukan orang-orang. Ada yang melakukannya di rumah saja, ada juga di daerah olahraga khusus.

Akan tetapi, masih banyak belum banyak memahami cara push up yang benar. Sehingga tidak jarang ada orang-orang yang mengeluhkan tidak ada perubahan terjadi pada tubuhnya sesudah rutin setiap hari melaksanakan push up.

Bahkan ada juga yang mengeluhkan munculnya rasa sakit sesudah melaksanakan olahraga push up.

 Push Up merupakan aktifitas olahraga untuk menjaga kebugaran tubuh Cara & Teknik Push Up yang Benar (dan 8 Manfaatnya)

Cara Push Up yang baik dan benar

Banyak manfaat yang didapat dari melaksanakan olahraga push up, akan tetapi melaksanakan push up dengan cara yang tidak besar justru akan memperlihatkan dampak yang tidak baik.

Untuk itu, cukup penting mengetahui cara melaksanakan push up yang benar. Dalam melaksanakan push up, ada 2 tahap, yaitu tahap pemula, dan tahap yang sudah mahir.

1. Tahap pemula

Yang dilakukan tahap pemula yaitu melaksanakan push up di dinding. Caranya dengan bangkit di depan dinding yang datar, kemudian letakkan kedua telapak tangan di dinding. Kemudian bengkokan lengan dengan memajukan tubuh ke depan dinding.

Lakukan hal tersebut dengan berulang-ulang, apabila sudah merasa terbiasa, tambah dengan melaksanakan tekanan pada setiap gerakan. Setelah itu kau sanggup melaksanakan gerakan push up dengan memakai satu tangan.

Kneeling push up
Gerakan kneeling push up, yaitu menekuk lutut ketika push up. Gerakaln ini pada dasarnya dengan mendorong tubuh ke atas. Cara ini masih masuk kategori tahap pemula.

Kneeling Push Up bisa menjadi pilihan untuk menambah jumlah gerakan push up, sehingga lebih memotivasi, Untuk caranya yaitu menekuk lutut hingga menyentuh lantai  lalu lakukan gerakan push up ibarat cara biasa .


2. Tahap mahir

Jika Kamu sudah terbiasa melaksanakan push up di dinding, kini coba dengan melaksanakan push up secara sempurna, untuk melaksanakan push up di lantai tidak perlu memakai alas.

Letakkan telapak tanganmu di lantai dengan selebar bahu. Setelah itu kaki bertumpu pada ujung jari kaki anda, dimana posisi tubuh lurus. Jangan hingga posisi tubuh terlalu bongkok (menonjol ke atas).

Kemudian turunkan pundak hingga membentuk siku 90 derajat, kemudian dorong (angkat) pundak dan lengan hingga lurus.

Lakukan hal tersebut berulang-ulang sesuai dengan kemampuanmu. Hal yang perlu diperhatikan juga yaitu mengatur nafas dengan baik, setiap dalam posisi naik (diatas) Kamu sanggup segera mengambil nafas.

Beberapa teknik push up tahap mahir
Selain cara push up yang benar, penting memperhatikan intensitas latihan. Kurang olahraga menciptakan tubuh menjadi lemas serta terjadinya timbunan lemak di tubuh.

Akan tetapi, berlebihan dalam melaksanakan olahraga juga menjadikan imbas buruk, utamanya menjadikan hal jelek pada otot tanggapan push up berlebihan (yang di luar kemampuan).

Sehingga penting untuk sanggup mengukur olahraga yang tepat untuk diri sendiri. Terdapat 3 teknik push up yang biasa dilakukan:
  1. Menggunakan kedua tangan yang diletakkan lurus dengan bahu.
  2. Menyatukan (menempelkan) kedua tangan, sehingga posisi tangan menjadi miring. Hal ini menciptakan beban tubuh akan semakin berat. Teknik ini bisa dilakukan kalau sudah terbiasa push up, dan sudah lancar melakukannya.
  3. Melebarkan tangan melebihi pundak untuk melatih penggalan dada biar menjadi lebih bidang untuk laki-laki

Tips dalam melaksanakan push up
  1. Melakukan pemesanan ringan sebelum melaksanakan gerakan push up, fokuskan pemandasan pada gerakan tangan, sehingga mencegah terjadinya cedera ketika latihan.
  2. Saat melaksanakan push up, usahakan untuk selalu meluruskan posisi tubuh, baik ketika menaikan tubuh maupun menurunkan tubuh .
  3. Apabila mengalami hambatan dalam melaksanakan gerakan push up yang baik (karena suatu masalah), maka abaikan dahulu ihwal jumlah gerakan push up yang ingin dilakukan .
  4. Apabila mencicipi otot dan tubuh merasa lemah sesudah mulai rajin melaksanakan push up, maka jangan heran lantaran ini yaitu fase penyusuaian otot, lantaran tubuh dan otot belum terbiasa mendapakan beban ibarat itu sebelumnya.
  5. Agar bisa lebih lancar lagi, untuk bisa melaksanakan push dalam jumlah banyak, maka perlu menurunkan berat tubuh menjadi posisi yang ideal, yang nantinya sangat membantu untuk meningkatkan dan menguatkan push up Kamu.
  6. Penting untuk menyesuaikan cara push up sesuai dengan kekuatan atau kemampuan, sehingga tidak memaksakan diri untuk mendapat hasil lebih cepat. 
  7. Dikhawatirkan terlalu berlebihan dalam latihan push up, berakbiat terjadinya cedera, atau bahkan mengakibatkan bentuk otot menjadi tidak baik. Sehingga, latihan dalam push up perlu melaksanakan peningkatan secara sedikit demi sedikit (jangan eksklusif latihan berat).

loading...

Manfaat push up yang benar

Ada banyak manfaat yang didapat dari melaksanakan olahraga push up dalam kehidupan sehari-hari, di bawah ini penjelasannya.

1. Melatih kekuatan otot dada
Ketika melaksanakan push up, dada menjadi penggalan paling utama dari tubuh yang dilatih. Push up menciptakan otot dada (pektoralis) untuk menarik dan menekan tubuh (tanpa bertumpu pada penggalan tubuh lain).

Apabila gerakan push up dilakukan secara benar dan teratur, maka akan membentuk otot dada, serta membentuk massa otot yang sangat sehat.

2. Untuk diet

Push up termasuk olahraga yang cukup berat, sehingga orang yang melaksanakan push up akan memerlukan energi yang banyak untuk tubuh, dimana energi tersebut salah satunya diambil dari cadangan lemak, yang nantinya sanggup mengkremasi kalori di tubuh.

Gerakan rutin dengan menaikkan tubuh dan menekan tubuh dengan acuan pergelangan tangan, sanggup menghilangkan lemak di sekitar pantat, panggul dan lengan.

Saat push up, otot-otot pada penggalan tubuh akan saling tarik menarik, serta melaksanakan dorongan yang berpengaruh untuk menahan beban tubuh.

Push yang dilakukan juga akan mendorong proses metabolisme di dalam tubuh, yang akan menciptakan lemak terbakar dan menjadi sumber tenaga bagi tubuh. Push up juga kebugaran tubuh dari keringat yang terus keluar.

3. Membentuk Otot Tubuh

Ketika push up, otot tubuh pada penggalan pundak depan, dada dan lengan akan bekerja keras. Gerakan push up yang dilakukan secara rutin, pada penggalan bisep dan trisep lengan otot akan menarik kekuatan tubuh.

Semua penggalan otot pencetus bekerja keras untuk pada penggalan dada ketika gerakan naik-turun. Pada penggalan lengan belakang yang terdapat serabut otot kecil akan terlatih sehingga lebih kuat.

Dengan rutin melaksanakan push up, maka otot pada penggalan dada, lengan dan pundak akan terbentuk secara alami dan menunjang perkembangan otot di penggalan tubuh atas.

Mengenai push membentuk otot perut, dimana gerakan push up yang benar yaitu tidak ada lengkungan pada tulang belakang.

Lengkungan seringnya terjadi ketika tubuh melaksanakan gerakan naik. Gerakan push up yang benar ini, akan terlihat ketika semua penggalan tulang belakang rata dan stabil. Tulang belakang yang rata dan stabil akan meningkatkan kekuatan otot perut.


4. Membantu kekuatan tulang

Keberadaan organ tulang sangat penting, untuk berdiri, duduk, berjalan dan melaksanakan aneka macam macam gerakan. Beberapa keluhan mengenai problem tulang yang sering terjadi yaitu tulang keropos, nyeri sendi dan tulang rapuh.

Masalah pada tulang bisa disebabkan lantaran tulang rawan pada tubuh yang tidak terbiasa melaksanakan gerakan ketika masih usia muda.

Sehingga, apabila tidak ingin mengalami problem ibarat ini juga, mulai kini perlu rutin melaksanakan push up (tidak usah banyak-banyak, yang penting rutin) untuk memperkuat tulang rawan pada penggalan kaki, pergelangan tangan, lengan dan bahu.

5. Memperbaiki postur tubuh

Beberapa permasalahan postur tubuh ibarat tulang belakang kurang tegak, pundak tidak seimbang atau lengan kurang stabil. Biasanya dokter akan merekomendasikan untuk mengerjakan terapi tertentu. Tetapi ini juga sanggup diatasi dengan rajin melaksanakan push up.

Gerakan push upmelatih otot tubuh, membentuk kekuatan otot dada, lengan dan bahu, yang menciptakan postur tubuh lebih baik, dan meningkatkan sistem kemampuan tubuh secara seimbang.

6. Menyeimbangkan ukuran tubuh

Anggapan bahwa gerakan push up akan menciptakan otot penggalan atas ibarat bahu, lengan dan dada mempunyai ukuran yang lebih besar, anggapan ini kurang tepat.

Hal itu lantaran gerakan push up sesungguhnya juga melatih kekuatan otot perut, tulang belakang, dan panggul. Sehingga gerakan push up akan membentuk otot pada penggalan atas dan bawah, sehingga menciptakan tubuh menjadi lebih seimbang / proporsional.

7. Melatih otot jantung

Orang yang rajin melaksanakan push up terbukti mempunyai otot jantung yang lebih kuat. Gerakan push up yang dilakukan secara rutin bisa untuk menciptakan otot jantung bekerja lebih optimal.

Yang menciptakan ajaran darah menjadi lancar. Hal ini juga berkhasiat biar sistem metabolisme dalam tubuh prosesnya lebih lancar dan baik.

Masalah metabolisme yang tidak lancar sering dikaitkan dengan resiko tinggi obesitas (kelebihan berat badan), berupa timbunan lemak di dalam tubuh yang kurang baik.

Melakukan push up bisa memancing gerakan penting pada otot dada, kaki, tulang belakang, lengan dan bahu, yang bisa meningkatkan laju sistem metabolisme tubuh.

8. Memperkuat daya tahan tubuh

Daya tahan tubuh yang lemah cenderung akan lebih gampang terjangkit penyakit. Selain disarankan mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran yang khasiatnya sangat besar.

Gerakan push up yang sering dilakukan bisa meningkatkan sistem ketahanan tubuh. Pada dasarnya gerakan push up memancing tubuh untuk melaksanakan gerakan yang sama secara terus menerus, hal ini menciptakan tubuh terlihat lebih segar dan bugar.

Melakukan push up secara rutin sanggup meningkatkan rasa percaya diri kamu, hal itu disebabkan vitalitas tubuh yang meningkat sehingga memunculkan rasa percaya diri.

Rasa percaya diri juga sangat bermanfaat untuk menghilangkan merasa diri lemah, baik dari segi hal fisik ataupun lainnya.

You Might Also Like

0 comments