Resep Terbaru Tongseng Sapi Tanpa Santan Mudah Dan Sehat

2:44 AM

Resep Tongseng Sapi Tanpa Santan Empuk Enak 2017



Selamat hari merdeka teman-teman, pada tanggal 17 Agustus 2017 di peringati sebagai hari kemerdekaan republik indonesia. Kemeriahan acara kemerdekaan memenag lebih meriah di banding tahun-tahun sebelumnya, banyak sekali lomba-lomba yang baru menjadi modern dan jenis perlombaan yang lama menjadi tren kali pada hari kemerdekaan ini, dan yang paling berbeda adalah adanya perlombaan yang di adakan di mall dan bukan di lapangan atau di depan rumah warga. Contohnya adalah lomba balap karung, Lomba Makan kerupuk, lomba memasukkan pensil dalam botol. Dan tepat pada hari tersebut orang indonesia biasa melakukan upacara bendera dan pembacaan proklamasi kemerdekaan indonesia. Seru, karena acara ini menyatukan warga semua yang biasanya tidak pernah bersosialiasi jadi bisa berdekatan dan berbincang-bincang terbuka. 

Hari kemerdekaan ini memang sangat meriah tapi semoga kaum muslimin di indonesia ini tidak lupa akan datang nya Hari besar Umat islam yang kedua ini yakni hari Qurban atau idul adha. Sekitar setengah bulan lagi hari qurban akan datang dan resep-resep olahann sapi dan kambing yang unik-unik mulai bertebaran. mulai dari resep membuat rendang, membuat sate kambing muda, cara mudah membuat iga sapi dan banyak lagi resep yang unik-unik yang bakal di santap di hari qurban nanti. 

Kemudian bagaiamana kah keluarga dirumah sudah mempersiapkan menu  hari qurban? apakah yang akan di sajikan di hari qurban nanti? atau bingung karena takut gemuk memakan daging sapi atau bingung juga memilih resep olahan sapi yang pas buat keluarga agar sehat dan tidak membuat gemuk? banyak yang bilang udah makan daging banyak lemak cara masaknya di tambah pakai santan tambah gemuk badan aku ini. haha iya memang banyak opini tersebar demikian apalagi orang yang berbadan gemuk pasti sudah khawatir akan hal ini. Dan kali ini mimin akan membuat resep olahan sapi tanpa santan, setidaknya mengurangi asupan lemak di badan kita ya. resep kali adalah cara membuat tongseng sapi mudah dan sehat tanpa santan. yuk simak pembahasanya. 

Bahan-bahan:

  1. Daging sapi 200 gram
  2. Bawang merah 4 siung
  3. Bawang Putih 2 siung
  4. Jahe 1 ruas
  5. Kunyit 1 Ruas
  6. Kubis 50 gram
  7. 3 Sendok Kecap Manis Merek apa saja sesuai dengan kepercayaan
  8. Tomat  1 buah
  9. Gula 1 sendok teh, kalau kurang bisa tambah
  10. Merica secukupnya
  11. Garam Secukupnya

Cara Membuat:

  1. Apabila daging baru dapat dari hewan qurban atau membeli langsung dari penjual daging jangan cuci daging, rebus lah air kemudian rendam daging sebentar kemudian angkat agar bersih dari bakteri dan darahnya. 
  2. Potong kecil-kecil daging sapi
  3. Haluskan rempah-rempah seperti bawang merah, bawang putih, kemiri, kunyit dan jahe dan kemudian sisihkan
  4. Siapkan wajan dan kemudian panaskan beberapa saat lalu tabur sedikit minyak untuk menumis bumbu halus yang sudah di haluskan tadi hingga harum. 
  5. Masukkan daging sapi kedalam sapi dan tumis bersama dengan bumbu halus yang sudah harum tadi sampai berubah warna. Tuangkan air secukupnya.
  6. Sebelum step terakhir kita masukkan bumbu seperti garam, gula merah, kecap dan merica aduk hingga rata. kemudian tes rasanya. jika sudah pas tunggu hingga mendidih
  7. Terakhir masukkan irisan tomat, cabe, kubis, tunggu sampai air sedikit menyusut atau berkurang jangan sampai habis airnya. 
  8. Sajikan di mangkok cantikk dan santap dengan nasi. 
Baca Juga : Tips-tips menyimpan daging sapi dan kambing yang bersih dan sehat

Bagaimana mudah bukan membuat resep tongseng sapi ini? insya Allah sehat, karena dari tidak menggunakan santan sebagai bahan utama dalam pembuatan ini agar mengurangi asupan lemak dan kolestrol. yuk share artikel ini agar saudara atau teman kaliah tahu resep tongseng sapi tanpa santan ini mudah dan enak. Dan jangan lupa simpan di buku agar tidak lupa resep tongseng sapi tanpa santan nya. hehe

Salam merdeka 
salam memasak 

You Might Also Like

2 comments