Resep Jenang Candil atau Bubur Candil Enak

9:27 AM

Cara Membuat Bubur Candi Enak Ommasakom blog
Resep Jenang Candil Enak
Jenang Candil dalam bahasa indonesia nya adalah bubur Candil, candil lebih di kenal di jawa tengah dan sekitarnya. Di daerah lain candil di sebut juga dengan biji salak karena bentuknya yang kecil hampir mirip dengan biji salak aslinya. Candil terbuat dari ketan yang dibentuk bulan dan sedikit santan sedangkan isi didalamnya adalah gula merah, kadang gula merah menjadi pewarna bagi bubur itu sendiri. Rasa makanan ini pun enak, manis, gurih dari tepung beras yang di gabungkan dengan ketannya, tambah lengkap lagi dengan kuah santan pandan nya yang membuat nafsu untuk memakan jenang ini tambah dan tambah terus. Dan satu lagi bubur ini tidak akan kenyang jika hanya di makan satu piring atau dua piring. Karena memang enaknya dapet, uniknya dapat, citarasa tradisionalnya pasti lebih dapat. 

Jenang Candil ini memang bisa jadi dikenal di jawa tengah saja, karena jawa barat tidak membuat jenangnya akan tetapi membuat candilnya saja dan cara orang jawa barat menyajikan candik atau biji salak ini benar-benar berbeda dengan orang jawa tengah. biji salak yang hanya di tabur dengan kuah gula merah dan santan ini seperti menjadi kolak di kalangan masyarakat jawa barat. Dan Biji salak sendiri sering kita jumpai saat bulan puasa karena memang menjadi makanan pembuka saat buka puasa. Ingin mengenal lebih dalam lagi tentang jenang candil atau biji salak ini? atau ingin tahu cara membuat jenang candil ini? yuk simak bahan-bahan apa saja yang akan kita gunakan untuk membuat jenang candil ini. 

Bahan-Bahan Jenang Candil:
  1. 1 Sendok Makan Tepung tapioka
  2. 100 gram tepung ketan
  3. Gula Merah yang sudah di cairkan 100 mili
  4. 1/4 sendok teh garam
  5. Air masak 100 mili untuk membentuk bulatan bola candil
  6. Air untuk merebus sebanyak 500 mili
Bahan-Bahan Tambahan Jenang: 
  1. 3 sendok makan tepung ketan
  2. Tepung Beras 1 sendok makan
  3. Tepung Tapioka 1 sendok makan

Bahan-bahan Kuah: 
  1. 200 ml santan segar
  2. Daun Pandan 1 Lembar saja
  3. 1/4 sendok teh garam

Baca Juga: 



Cara Membuatnya: 
  1. Yang harus di lakukan pertama kali adalah membuat bola-bola dan  membentuknya banyak terlebih dahulu. Dengan Mencampurkan tepung tapioka dan tepung ketan yanang kemudia n dituangkan air panas higga lembek di campur-campur hingga bisa dibentuk. 
  2. Rebus Gula merah cair tadi hingga mendidih
  3. Masukkan Bola-bola candil kedalam panci yang berisikan gula merah mendidih sampai matang. dengan tanda-tanda bola candil mengapung berarti bola candil sudah matang. 
  4. kemudian Masukkan bahan tambahan jenang seperti tepung beras, teung ketan, tepung tapioka ke dalam panci dan aduk rata hingga mengental, kami sarankan agar sampai mengental jikalau kurang kental agar menambahkan beberapa tepung lagi agar kental. 
  5. Buat kuah dengan Bahan yang sudah di sediakan, yakni mencampurkan santan dengan daun pandan dan garam tidak perlu di rebus.
  6. Sajikan Jenang Candil dengan tuangan kuah santan pandan yang segar. 
  7. selesai


Mudah sekali ya untuk membuat sebuah jenang khas jawa tengah ini, Gurihnya bisa kita bagikan kekeluarga dan sanak saudara kita. Tips dari kami adalah menambahkan tepung tapioka agar bola-bola candil tidak keras atau alot susah untuk dimakan. Jenang candil ini cocok sekali untuk santapan santai. Bisa untuk surprise anak-anak. dan bisa juga untuk hadiah untuk tetangga untuk berbagi rasa dengan tetangga. Kalau di tanya makanan berasal dari mana ini, pastinya kita tahu kalau makanan ini adalah khas jawa tengah. sehingga tetangga kita merasa takjub dengan pemberian kita, hehe
yuk masak

Ommasakom

You Might Also Like

19 comments

  1. pernah makan sih rasanya enak maniss, teryata buatnya kayak gini

    ReplyDelete
  2. Baru Tau cara buatnya. Biasa nya saya tinggal beli aja :)

    ReplyDelete
  3. wah makanan sehat bebas pengawet..makasih om racikannya..

    ReplyDelete
  4. Kalau baca artikel jajanan pasar yang satu ini, jadi ingat masa-masa waktu masih di kampung dulu... setiap pulang dari pasar ibu saya selalu bawakan bubur candil ini dengan bungkus daun pisang

    ReplyDelete
  5. wah boleh juga ni kayaknya mantap :D

    ReplyDelete
  6. boleh dicoba nih, lihat aja enak, apalagi makan :-d

    ReplyDelete
  7. Ijin praktek gan, sudah lama gak makan jenang...
    nanti istri saya tak ruruh buat, kangen masa kecil didesa setelah liat masakan ini.

    ReplyDelete
  8. enak banget gan, besok-besok buat ah

    ReplyDelete
  9. boleh nih dipraktekin menunya maksih gan

    ReplyDelete
  10. mantap juga ini resep jenang candilnya, saya mau prkatikan dulu gan :)

    ReplyDelete
  11. Mantap resepnya gan bikin ngangket selera....entar suru nikin dahh.....

    ReplyDelete
  12. Akhirnya nemu juga resepnya, makasih gan

    ReplyDelete
  13. wahh jadi laper liat gambarnya enak banget tu

    ReplyDelete