5 Minuman yang Sering Kita Temui saat Bertamu

7:55 AM

5 minuman yang sering kita temui saat bertamu ommasakom blog
5 minuman yang sering kita temui saat bertamu

Manusia pada dasarnya adalah makhluk sosial yang tidak bisa terhindar dari berinteraksi dari 1 orang ke orang yang lain. Bertamu adalah salah satu cara manusia untuk saling berkomunikasi satu sama lain guna untuk lebih dekat dalam segala hal agar bisa saling membantu di kehidupan selanjutnya kelak. Bisa di bilang bertamu ada silaturahmi, silaturahmi sendiri dalam bahasa arab yang artinya menyambung kasih sayang. Yang berarti semua manusia akan selalu berinteraksi satu dengan yang lain sesuai aturan yang telah di ajarkan oleh agama. Kemajuan zaman membuat silaturahmi atau bertamu antara satu dengan yang lain lebih mudah dengan menggunakan sosial media atau di singkat dengan sosmed. Banyak sekali sisi positif dari kemajuan zaman dengan adanya sosial media tersebut. Akan tetapi sisiburuknya aturan moral kadang dilupakan. Seperti dalam kehidupan nyata saat kita bertamu kita akan di berikan makanan dan minuman agar tamu lebih nyaman dan tenang. Sedangkan sosial media hal seperti hilang karena memang aturan moral dalam bersosial media di pegang oleh masing-masing individu agar terciptanya sosialisasi yang baik dan bermutu. 

Dalam bertamu sering sekali kita di berikan wejangan yang sangat banyak, kadang saat kita bertamu dirumah teman lama, si tuan rumah memberikan semua makanan yang ada di dalam kekulkas ke atas meja tamu agar di nikmati kami. Kadang kita sampai bingung mulai dari mana untuk memakan semua ini. Berfokus kepada wejangan saat bertamu sering kita tidak sadar bahwa minuman yang kita minum sering berganti-ganti dan berbeda dengan makanan, makanan bisa di tebak makanan apa yang akan diberkan kepada kita saat bertamu, berbeda dengan minuman. Minuma sering kali kita lupakana karena enaknya kita bercerita dengan sahabat kita sehingga tidak begitu memperhatikan minuman apa yang kita minum. Oleh karena itu disini mimin akan membahas 5 minuman yang sering kali kita temui saat bertamu di rumah orang, sahabat, atau pun sanak keluarga kita. yuk simak pembahasan kita dibawah ini. 


1. Teh


Salah satu minuman favorit yang menjadi wejangan saat bertamu adalah Teh. karena Teh adalah minuman yang simpel enak dan mudah cara membuatnya. Apalagi di desa kita akan sering menjumpai teh panas atau hangat saat bertamu di rumah orang desa. Teh sendiri adalah salah satu minuman yang mengandung kafeina. karbohidrat dan zat-zat lain yang membuat tamu menyegarkan pikiran, menghangatkan badan dan menambah mod booster. Di jawa tengah teh yang disajikan selalu menggunakan gula karena rata-rata orang jawa tengah menyuka manis, namun ada sebagian daerah di dataran tinggi jawa tengah yang membuat teh meggunakan gula aren atau gula batu sebagai pemanisnya. Berbeda dengan daerah jawa barat teh yang di sajikan untuk tamu memang sengaja tidak menggunakan gula karena memang masyarakat jawa barat tidak menyukai teh manis. 


2. Kopi



Berbeda dengan teh, kopi termasuk juga salah satu wejangan bertamu akan tetapi tidak serta merta tuan rumah memberikan minuman ini. Biasanya minuman ini diberikan kepada tamu oleh tuan rumah yang memang punya level dermawan dan perhatian kepada tamu nya melebihi masyarakat lain, Dengan cara menawarkan kepada tamu "mau minum apa nih? anggap saja rumah sendiri mau kopi ada, teh ada, es juga ada" kata kata itulah yang akan muncul. Biasanya juga penawaran minum kopi saat kita bertamu dirumah sebagi teman dekat kita, sahabat kita atau teman bicara kita. Di beritakan bahwa kopi memiliki nutrisi yang tinggi, dapat membakar lemak, dapat menambah energi sehingga minuman ini sangat cocok untuk tamu yang benar-benar khusus kepentinganya saat kerumah kita.


3. Sirup


Sirup adalah minuman manis yang memiiki rasa berbeda-beda, ada yang rasa laici, melon, jeruk, strawberry dan lain-lain. Sirup juga berasal dari kata bahasa arab yang berarti minum. Jika saat kita bertamu dan mendapati di sajikan minuman sirup ini kemungkinan paling besar adalah anda berada bulan Ramadhan atau bulan puasa, tapi bisa juga minuman turbo (Turahan bodo) yang artinya minuman sisa lebaran. Karena memang sirup minuman wajib yang selalu ada saat lebaran tiba, sangat cocok sekali untuk diminum bersama keluarga dan sanak saudara yang datang dari jauh. Sirup juga biasa di gunakan untuk hadiah lebaran atau THR untuk karyawan-karyawan atau pegawai kantoran dan guru-guru di sekolahan. 

4. Air Mineral atau Air Putih



Dalam silaturahmi atau bertamu perlu adanya saling memperhatikan tamunya dan memperhatikan adab-adab bertamu. Sampai-sampai ada sebagian tuan rumah yang menginginkan Tamu yang mengunjungi rumahnya di suguh dengan makana-makanan yang sehat bahkan minumannya pun sehat, yakni air putih atau air mineral. Air mineral sendiri memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan, seperti membantu pencernaan, menjaga kekuatan dan kinerja otot tubuh kita, meningkatkan kesehatan tulang dan dapat menurunkan berat bada. Tapi hanya ada beberapa oknum saja yang berdalih untuk kesehatan mereka memberikan air putih kepada tamunya. Menurut mimin itu bagus juga karena lebih mengedapankan kesehatan. Memang ada beberapa orang yang beranggapan bahwa memberikan minum air putih kepada tamu kita seakan-akan tidak sopan karena tidak memberikan pelayanan terbaik yang kita miliki.


5. Minuman Gelas atau Minuman Instan



Minuman Gelas akan sering kita temui saat kita bertamu atau bersilaturahmi di rumah orang-orang yang bernotabene sibuk, banyak kerjaan, bisnisman ataupun orang kaya. Tidak hanya itu Minuman gelas akan kita temui juga saat lebaran. Kenapa? karena minuman gelas terkenal simpel, praktis, dan berkualitas untuk penataan di meja tamu pun bisa di tata sedemikian rupa agar mempercantik ruang tamu. Sekarang masyarakat desapun sudah mulai terinspirasi untuk menggunakan minuman gelas sebagai jamuan untuk para tamu. karena dikenal praktis dan lebih modern. 

You Might Also Like

17 comments

  1. Kalo saya sih lebih suka Teh Anget aja :D bikin nyaman .

    ReplyDelete
  2. wah kelihatannya enak semua kalau geratis.....

    ReplyDelete
  3. tergantung tamunya sih mau minum apa hehe . tapi kalau saya pilih kopi untuk menguatkan gigi.

    ReplyDelete
  4. Kalau aku sih sering nemu nya Minuman Air putih :D saat bertamu atau di tamu kan

    ReplyDelete
  5. haha true banget gan, tapi di desa saya yang dominan ya air putih sama teh

    ReplyDelete
  6. air putih aja paling irit gan ...

    ReplyDelete
  7. kalau di daerah saya biasanya minuman yang sering ditemui saat bertamu ialah air putih kalau gak air putih teh anget. (y)

    ReplyDelete
  8. Ini udh menu tamu yang wajib gan :D paling sering dihidangi teh atau gak kopi sih apalagi klo orgnya doyan ngerokok makin jos :v

    ReplyDelete
  9. yah minuman2 tersebut memang sering kita jumpai mas

    ReplyDelete