10 Cara Membuat Mochi Ice Cream Warna-warni Enak dan Empuk

2:38 AM

Tahun 2018 ini paling seger bahas jajanan kekinian yang baru trending di kalangan anak muda dan emak-emak. Kalau kalaian ke jepang pasti banyak sekali yang jual namanya mochi. Kalau kita biasa menyebutnya kue mochi, bentuknya yang bulat teksturnya yang lembut dengan berbahan dasar beras ketan ini sangat banyak sekali peminatnya. Rasanya enak banget, gurih dan masir.

Perayaan tahub baru jepang mochi akan banyak sekali yang jual, mungkin karena sudah menjadi budaya mereka membuat mochi pada tahun barunya sehingga perayaan itu di sebut dengan perayaan Mochitsuki. Akan tetapi kabarnya kue mochi juga di pakai di perayaan lain di negara bunga sakura tersebut. 

10 Cara Membuat Mochi Ice Cream Warna-warni Enak dan Empuk by ommasakom
Mochi Ice Cream Warna-Warni Empuk dan Enak

Kalau di Indonesia juga banyak yang menjual kue mochi, sangat mudah untuk di beli di tempat oleh-oleh apalagi di daerah magelang, bandung, jogja dan kota-kota lainya banyak yang menjual kue ini karena unik dan enak. Harganya pun terjangkau, karena empuk dan kenyal kue ini jadi cocok untuk semua umur.

Ternyata cara membuat kue mochi agar kenyal dan enak yang ada di indonesia tidak jauh beda dengan pembuatannya di jepang. yang membuat berbeda yang pengemasan dan bentuknya saja. Yang kita temukan di indonesi adalah kue mocho berukuran mini hanya sebesar biji salak sedangkan yang ada di jepang ukurannya bisa mencapai satu kepalan tangan.

Mochi sendiri tidak hanya terbuat dari tepung beras ketan saja, karena di setiap kue tersebut terdapat isian yang beragam uniknya. Yang sering kita temukan adalah mochi dengan isi adonan kacang tanah. Namun seiring berjalannya waktu yang semakin modern isian yang ada pada mochi mulai berkembang dan makin banyak, ada yang green tea, nutella, Coklat, keju, gula merah dan yang kekinian adalah ice cream.

Lah itu tadi, mochi isi ice cream tadi lah yang akan kita bahas secara mendalam mulai dari bahan-bahan yang di pakai untuk membuat mochi ice cream dan cara membuatnya lengkap dengan pembuatan isinya.

BACA JUGA : 11 Cara Membuat Donat Karakter Kartun Lucu dan Unik


Kalau kita melihat sejarah, sebenarnya  Mochi ice cream bukanlah jajanan modern. karena makanan tersebut sudah ada di jepang bermula pada tahun 1981 dengan nama lainya mochi yaitu Yukim Daifuku. Yang kemudian mochi ice cream terdengar di seluruh dunia sehingga resepnya pun bocor hingga ke negara lain termasuk negara indonesia,

Yuk Ommasakom akan langsung membahas resep mochi ice cream ini, dan gimana cara membuatnya. Karena Bahan-bahan yang akan kita gunakan nanti adalah simpel untuk itu kami menggunakan es krim instant yang sudah jadi agat mempercepat proses pembuatanya, es krim bisa di beli di tukang es keliling atau kalau ingin membuatnya sendiri pun juga makin bagus dan aman tentunya.


BAHAN-BAHAN MOCHI ICE CREAM

- Ice Cream 2 rasa Instant Kurang lebih 10 scope atau sesuai selera
- Tepung kanji secukupnya
- 50 gram Tepung Beras
- 100 gram gula pasir
- 100 Ml air putih yang sudah matang
- 2 Sendok teh vanilla bubuk


CARA MUDAH MEMBUAT MOCHI ICE CREAM KEKINIAN

1. Persiapkan sebuah panci berukuran cukup, terus campurkan bahan-bahan yang tadi kita siapkan seperti tepung beras ketan, gula pasir, vanilla bubuk dengan menambahkan air mineral sedikit demi sedikit.Sambil di aduk hingga merata.

2. Dengan api sedang masaklah adonan yang kita buat tadi sambil mengaduk-aduk hingga kental dan terasa lengket.

3. Persiapkan sebuah Nampan atau bidang datar dan kemudian taburi dengan tepung kanji sampai merata yang akan berguna membuat adonan  mochi tidak lengket di tempatnya.

4. Setelah adonan yang kita panaskan tadi sudah siap, tuangkan kedalam nampan dan terus taburi lagi dengan tepung kanji tepat di atasnya.

5. Waktu adonan masih panas gunakan waktu tersebut untuk menggiling adonan di penggiling roti menggunakan ketebalan 2-3 mm, kemudia diamkan sampai dingin.

6. Setelah adonan dingin waktunya untuk membentuk kue mochi.dengan cara mengambil sedikit demi sedikit dan bentuk bulatan pipih sekitar 4 cm. Kami sarankan bagi sebanyak 10 bagian agar rapih dan mudah memberikan ice cream di dalamnya.

7.Bentuk ice cream tadi menjadi bulatan kecil-kecil, agar mengeras dan bisa di bentuk masukkan kedalam lemari es cukup beberapa menit saja.

8. Jika sudah agak mengeras ambil adonan es krim dan letakkan di atas bulatan adonan mochi yang pipih tadi lalu lipat atau tutup hingga berbentuk bulat dan es krim tidak tumpah.  lakukan hingga semua adonan habis.

9. Simpan kue mochi yang sudah ada isi es krimnya kedalam lemari es kurang lebih 30 sampau 40 menit hingga adonan dan es krim benar-benar jadi suskes.

10. Sajikan kue Mochi Ice Cream selagi masih dingin ke keluarga kita. dan jangan biarkan meleleh karena sensai makannya akan berbeda dan mengurangi kualitas kue mochi ice cream tersebut. 

10 Cara Membuat Mochi Ice Cream Warna-warni Enak dan Empuk by ommasakom
Mochi Ice Warna-warni dan Isinya yang Siap di Makan

Nb : Jika ingin mochi kita menarik dan unik, mochi ice cream tersebut bisa kita berikan warna dengan pewarna makanan. Dan akan lebih menarik lagi warnanya sesuai dengan isi ice creamnya, contoh saja warna ungu mochi nya, ice cream nya juga warna ungu rasa anggur. atau kuning untuk pisang, atau juga hijau cocok dengan green tea.


Begitulah 10 cara membuat Mochi Ice Cream Warna-warni Kekinian Enak dan Empuk, Bagaimana mudah bukan? yuk share resep membuat mochi ice cream ini ke teman-teman, biar bisa ngrasakan jajanan ala-ala jepang gitu. Terima kasih sudah mengunjungi ommasakom.net .




Referensi : Bacaterus.com

You Might Also Like

0 comments